Selamat Datang di Official Web SMA AL HIKMAH MUNCAR

Program Kerja Waka Hubungan Masyarakat

BAB I
 PENDAHULUAN
II. LATAR BELAKANG
Penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai hasil yang lebih optimal, efektif, efisien dan berhasil, memerlukan keterkaitan berbagai elemen yang ada.
Implementasi otonomi terhadap lembaga pendidikan terwujud dalam School Based Management atau Manajemen Berbasis Sekolah. Karena Manajemen Berbasis Sekolah ini adalah upaya kemandirian, kreativitas sekolah dalam peningkatan kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas dalam peningkatan mutu melalui kerjasama atau pemberdayaan pemerintah dan masyarakat, diperlukan pula administrasi pendidikan di bidang hubungan sekolah dengan masyarakat. Hubungan masyararakat ini dilaksanakan oleh seorang wakil kepala sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Humas).

II. FUNGSI DAN TUJUAN HUMAS SMA AL HIKMAH MUNCAR
a. Fungsi
Fungsi pokok hubungan sekolah dengan masyarakat adalah menarik simpati masyarakat umumnya serta publik khususnya, sehingga dapat meningkatkan relasi serta animo pada SMA AL HIKMAH MUNCAR. Hal ini akan membantu sekolah mensukseskan program-programnya. Sehingga mampu mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Fungsi hubungan sekolah dengan masyarakat diantaranya sebagai berikut :
1. Mengatur hubungan sekolah dengan orang tua.
2. Memelihara hubungan baik dengan komite sekolah.
3. Memelihara dan mengembangkan hubungan sekolah dengan lembaga-lembaga pemerintah, swasta dan organisasi nasional.
4. Memberi pengertian kepada masyarakat tentang fungsi sekolah melalui bermacam-macam tehnik komunikasi (majalah, surat kabar dan mendatangkan sumber).
b. Tujuan
Hubungan sekolah dengan masyarakat dibangun dengan tujuan popularitas SMA AL HIKMAH MUNCAR di mata masyarakat. Popularitas SMA AL HIKMAH MUNCAR akan tinggi jika mampu menciptakan program-program sekolah yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan dan cita-cita bersama dan dari program tersebut mampu melahirkan sosok–sosok individu yang mapan secara intelektual dan spiritual. Dengan popularitas ini sekolah eksis dan semakin maju. Tujuan hubungan sekolah dengan masyarakat diantaranya sebagai berikut:
1. Memberi penjelasan tentang kebijaksanaan penyelenggaraan sekolah situasi dan perkembangannya.
2. Menampung sarana-sarana dan pendapat-pendapat dari warga sekolah dalam hubungannya dengan pembinaan dan pengembang sekolah.
3. Dapat memelihara hubungan yang harmonis dan terciptanya kerja sama antar warga sekolah sendiri.
III. SASARAN
a. Humas SMA AL HIKMAH MUNCAR sebagai penghubung dari pihak sekolah dengan masyarakat selalu dipelihara dengan baik karena sekolah akan selalu berhubungan dengan masyarakat, tidak bisa lepas darinya sebagai partner sekolah dalam mencapai kesuksesan sekolah itu sendiri. Prestise sekolah semakin tinggi di mata masyarakat jika sekolah mampu melahirkan peserta didik yang cerdas, berkepribadian dan mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dalam memajukan masyarakat.
b. Terciptanya hubungan yang harmonis dengan masyarakat atau pihak-pihak tertentu di luar organisasi tersebut, agar mendapatkan dukungan terhadap efisiensi dan efektivitas pelaksanaan kerja secara sadar dan sukarela.
c. untuk mendapatkan aspirasi, simpati dari masyarakat. Dan mengupayakan terjadinya kerjasama yang baik antar sekolah dengan masyarakat untuk kebaikan bersama, atau secara khusus bagi sekolah penjalinan hubungan tersebut adalah untuk mensukseskan program-program di SMA AL HIKMAH MUNCAR.

IV. TUGAS POKOK HUMAS SMA AL HIKMAH MUNCAR
Wakil Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1. Memberikan informasi dan menyampaikan ide atau gagasan kepada masyarakat atau pihak-pihak lain yang membutuhkannya.
2. Membantu pemimpin yang karena tugas-tugasnya tidak dapat langsung memberikan informasi kepada masyarakat atau pihak-pihak yang memerlukannya.
3. Membantu Kepala Sekolah mempersiapkan bahan-bahan tentang permasalahan dan informasi yang akan disampaikan atau yang menarik perhatian masyarakat pada saat tertentu.
4. Membantu Kepala Sekolah dalam mengembangkan rencana dan kegiatan lanjutan yang berhubungan dengan pelaksanaaan kepada masyarakat sebagai akibat dari komunikasi timbal balik dengan pihak luar, yang ternyata menumbuhkan harapan untuk penyempurnaaan kegiatan yang telah dilakukan oleh organisasi.
5. Melaporkan tentang pikiran-pikiran yang berkembang dalam masyarakat tentang masalah pendidikan.
6. Membantu kepala sekolah bagaimana usaha untuk memperoleh bantuan dan kerja sama.
7. Menyusun rencana bagaimana cara-cara memperoleh bantuan.
8. Menunjukkan pergantian keadaan melalui pendapat umum.
9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Humas secara berkala.

BAB II
PROGRAM KERJA WAKASEK HUMAS
SMA AL HIKMAH MUNCAR


A. Dasar
1.      Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3.      Undang-Undang RI No. 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah
4.      Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
6.      Kalender Pendidikan SMA AL HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran 2019/2020
7.      Surat keputusan Kepala SMA AL HIKMAH MUNCAR Nomor 800/    /SMA/2015  tentang pembagian tugas guru dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru bimbingan konseling, penetapan wakil kepala sekolah, wali kelas, dan guru Pembina Tahun Pelajaran 2019/2020.

B. JENIS KEGIATAN
a. Kegiatan Eksternal
Kegiatan ini selalu berhubungan atau ditujukan kepada instansi atasan dan masyarakat di luar sekolah. Ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan dalam hal ini yakni:
(1)   Indirect act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui perantara media tertentu seperti misalnya: Internet/Website Sekolah, penyebaran informasi melalui media cetak, pameran sekolah dan berusaha independen dalam penerbitan majalah atau buletin sekolah.

(2) Direct act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui tatap muka, misalnya: rapat bersama dengan komitte sekolah, konsultasi dengan tokoh masyarakat, melayani kunjungan tamu dan sebagainya.

b. Kegiatan Internal

Kegiatan ini merupakan publisitas ke dalam, sasarannya adalah warga SMA AL HIKMAH MUNCAR yang bersangkutan yaitu para Guru, Staf Tata Usaha, dan peserta didik. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan dua kemungkinan yakni:
(1) Indirect act adalah kegiatan internal melalui penyampaian informasi melalui surat edaran; penggunaan papan pengumuman di sekolah, penyelenggaraan majalah dinding, menerbitkan buletin sekolah untuk dibagikan pada warga sekolah, pemasangan iklan/pemberitahuan khusus melalui media massa, dan kegiatan pentas seni.
(2) Direct act adalah kegiatan internal yang dapat berupa: rapat dewan guru; upacara sekolah; karyawisata/rekreasi bersama; dan penjelasan pada berbagai kesempatan.

C. BENTUK OPERASIONAL HUMAS SMA AL HIKMAH MUNCAR

(1) Di bidang Sarana Akademik
Tinggi rendahnya prestasi lulusan (kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya ilmiah (lokal, nasional, internasional), jumlah dan tingkat kesarjanaan pendidiknya, sarana dan prasarana akademik termasuk laboratorium dan perpustakaan atau Pusat Sumber Belajar.
(2) Di bidang Sarana Pendidikan
Gedung atau bangunan sekolah termasuk ruang belajar, ruang praktikum, kantor dan sebagainya beserta perabot atau mebeuler yang memadai akan memiliki daya tarik tersendiri bagi popularitas sekolah.

(3) Di bidang Sosial
Partisipasi SMA AL HIKMAH MUNCAR dengan masyarakat sekitarnya, seperti kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi dan sebagainya akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat.
(4) Kegiatan Karya Wisata
Sebagai sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, seperti membawa spanduk serta atribut sekolah sampai keluar daerah menyebabkan nama SMA AL HIKMAH MUNCAR dapat dikenal lebih luas. Bahkan, tertib sopan santun para siswanya di perjalanan akan mendapat kesan tersendiri dari masyarakat yang disinggahi dan dilaluinya.
(5) Kegiatan Olah Raga dan Kesenian
Hubungan sekolah dengan masyarakat dapat juga melalui kegiatan porseni dan lomba antarsekolah akan membawa keunggulan sekolah dan membawa nama harum SMA AL HIKMAH MUNCAR.
(6) Menyediakan fasilitas sekolah untuk kepentingan masyarakat sekitar sepanjang tidak mengganggu kelancaran Proses Belajar Mengajar, demikian sebaliknya fasilitas yang ada di masyarakat sekitarnya dapat digunakan untuk kepentingan SMA AL HIKMAH MUNCAR.
(7) Mengikutsertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung  dan masih banyak lagi kegitan operasional hubungan sekolah dengan masyarakat yang dikreasikan sesuai situasi, kondisi serta kemampuan pihak-pihak terkait.

D. PROGRAM KHUSUS WAKIL KEPALA SEKOLAH URUSAN HUMAS SMA AL HIKMAH MUNCAR
1.  Melakukan relasi sosial dengan komite sekolah dan masyarakat desa diwilayah kecamatan Woja dalam bentuk kerjasama dua arah berkaitan dengan pendidikan
2.  Terjalinnya hubungan baik dengan komite sekolah dan  masyarakat Kecamatan Woja, terutama yang terdapat siswa-siswi SMA AL HIKMAH MUNCAR
3.  Melakukan relasi sosial dengan pemerintah desa sampai kabupaten dan instansi terkait terutama untuk penggalian dana dan proyek kegiatan sekolah
4.  Terjalinnya hubungan baik dengan pemerintah desa Nowa, Baka Jaya, Matua, Bara, Madaprama Riwo, dan Pemerintah Kecamatan Woja, serta Pemerintah Kabupaten Dompu.
5.  Melakukan relasi sosial dengan pihak sekolah terutama SMP dan MTs terutama dalam upaya penerimaan siswa baru
6.  Terjalinnya hubungan baik dengan SMP, MTs, SMA, MA teruatam di wilayah kecamatan Woja, dan kabupaten Dompu pada umumnya
7.  Melakukan relasi sosial dengan perguruan tinggi negeri dan swasta, terutama dalam upaya peningkatan jumlah siswa yang lanjut studi.
8.  Terjalinnya hubungan baik dengan UNHAS, UNRAM  dan perguruan tinggi Negeri lain yang ada diwilayah NTB
9.  Melakukan relasi sosial dengan pihak media massa terutama untuk membangun citra positif dan pemberian informasi yang aktif dan proporsional
10. Terjalinnya hubungan baik dengan  media cetak dan elektronik yang ada di wilayah Kabupaten Dompu.
11. Melakukan relasi sosial dengan pihak dunia usaha dalam upaya pemasaran produk lulusan, pemagangan, dan studi siswa sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
12. Terjalinnya hubungan baik dengan industri, toko, dan usaha keluarga terutama di wilayah Kecamatan Woja untuk bekal pemagangan siswa
13. Melakukan upaya pemasaran produk sekolah dalam bentuk mencarikan lowongan kerja di berbagai instansi yang sesuai
14. Pemasangan berbagai informasi dan dokumentasi kegiatan sekolah melalui papan pengumuman, radio, dan website
15. Pertemuan Rutin Keluarga besar SMA AL HIKMAH MUNCAR dalam bentuk pengajian dan arisan
16. Bekerjasama dengan darmawanita, menjalin hubungan baik dengan guru, karyawan beserta keluarga dan komite sekolah
17. Bekerja sama dengan OSIS, membuat majalah dinding yang lebih menarik secara berkala
19. Praktek siswa di masyarakat dalam bentuk majlis ta’lim, TPA/TPQ, Bakti sosial dan pertandingan olahraga persahabatan
21. Sebagai wahana kerjasama dengan pihak dunia usaha untuk melatih wira usaha siswa
24. Mengadakan lomba karya tulis ilmiah siswa antarkelas satu kali setahun
25. Mengadakan pemilihan guru teladan versi siswa satu kali setahun
26. Mengadakan pemilihan siswa teladan satu kali setahun
27. Membentuk ikatan alumni (ILUNI) SMA AL HIKMAH MUNCAR
28. Membuat Website Sekolah

E. FAKTOR PENDUKUNG
Kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat di SMA AL HIKMAH MUNCAR bisa berjalan baik apabila di dukung oleh beberapa faktor yakni:
1. Adanya program dan perencanaan yang sistematis.
2. Tersedia basis dokumentasi yang lengkap.
3. Tersedia tenaga ahli, terampil dan alat sarana serta dana yang memadai.
4. Kondisi organisasi sekolah yang memungkinkan untuk meningkatkan kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat.

F. SUMBER DANA
1. Dari Dana Rutin Sekolah dan BOS


BAB III
PENUTUP

Demikian program yang dapat kami susun dengan segala kemampuan kami yang ada. Jika ada kekurangannya,kami mohon kritik dan saran agar program untuk tahun yang akan datang dapat lebih baik lagi.

 
Copyright © 2019. SMA AL HIKMAH MUNCAR - All Rights Reserved
Published by SMA AL HIKMAH MUNCAR
powered by: masfau