Selamat Datang di Official Web SMA AL HIKMAH MUNCAR

Manfaat Susu Kedelai

Khasiat Susu Kedelai bisa kita dapatkan karena susu kedelai memiliki segudang nutrisi yang terkandung didalamnya. Seperti, kandungan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan. Protein yang terkandung dalam susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino seperti lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan dan fenilalanin. Selain itu susu kedelai juga mengandung lemak nabati, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin E, mineral, polisakarida dan isoflavon. Mungkin apabila kita mengkajinya lebih dalam lagi kandungan nutrisi dalam susu kedelai masih banyak.
Dilihat dari kandungan dalam susu kedelai sangat banyak, pasti khasiat susu kedelai akan kita dapatkan.
 
Khasiat Susu KedelaiKhasiat Susu Kedelai

Khasiat Susu Kedelai

Dan berikut adalah khasiat susu kedelai yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita:

  1. Khasiat susu kedelai dapat mencegah diabetes, ini karena susu kedelai mengandung selulosa dalam jumlah besar sehingga dapat mencegah penyerapan gula secara berlebihan. Mengurangi kadar gula dalam tubuh dapat mencegah penyakit diabetes.
  2. Khasiat susu kedelai dapat mencegah migrain atau sakit kepala sebelah, ini karena susu kedelai mengandung vitamin B complek, mineral dan juga asam amino. Dan dengan mengkonsumsi susu kedelai yang terdapat kandungan tersebut maka dapat mampu untuk mencegah dan meredakan migrain.
  3. Khasiat susu kedelai dapat mencegah osteoprosis, ini karena kandungan protein dalam susu kedelai dapat membantu penyerapan kalsium yang lebih baik. Kandungan isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai juga dapat memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang, sehingga terjauh dari penyakit osteoporosis.
  4. Khasiat susu kedelai dapat mencegah penyakit stroke, kandungan magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat mengurangi lipid dan memperbaiki aliran darah pada otak, sehingga dengan efektif dapat mencegah terjadinya infeksi dan pendarahan otak. Kandungan lecitin dalam susu kedelai juga dapat mengurangi kematian sel otak dan memperbaiki fungsi otak.
  5. Khasiat susu kedelai dapat mengatasi gejala menopause, ini karena susu kedelai mengandung isoflavon yang dapat membantu mengatur estrogen. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa isoflavon dalam susu kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan.
  6. Khasiat susu kedelai dapat mencegah bronkhitis, ini karena kandungan asam dalam susu kedelai dapat mencegah kejang-kejang pada otot, sehingga mengurangi dan mencegah timbulnya bronkhitis.
  7. Khasiat susu kedelai dapat mencegah penuaan dini, ini karena susu kedelai mengandung antioksidan. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Susu kedelai juga mengandung protein dan juga kaya akan zat senyawa anti aging yang dapat membuat kita awet muda. Selain itu kandungan selenium, vitamin E dan vitamin C sebagai antioksidan juga dapat meremajakan sel-sel dalam tubuh kita, terutama sel yang terdapat dalam otak.
  8. Khasiat susu kedelai dapat mencegah serangan jantung koroner, kandungan steroid, kalium, magnesium dan kalsium dalam susu kedelai dapat memperkuat juga meningkatkan aliran darah dan meningkatkan nutrisi ke otot jantung. Dengan meminum satu gelas susu kedelai setiap hari maka dapat menurunkan resiko kambuhnya penyakit jantung hingga 50%.
  9. Khasiat susu kedelai dapat mencegah penyakit kanker, ini karena susu kedelai mengandung protein, selenium dan molibdenum yang bersifat menekan tumor ganas. Kandungan tersebut juga sangat efektif terutama terhadap kanker lambung, kanker usus dan kanker payudara.
  10. Khasiat susu kedelai dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, ini karena kandungan lesitin dalam susu kedelai berfungsi untuk menghalau kolesterol jahat (LDL), sedangkan kandungan isoflavon berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kolestrol baik (HDL) sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Khasiat susu kedelai masih banyak lagi, selain khasiat susu kedelai yang tadi disebutkan. Khasiat susu kedelai juga sangat baik untuk menjaga berat badan, melancarkan metabolisme, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem imunitas, mencegah obesitas, mencegah penyakit ginjal, mengurangi gejala rematik dan asam urat, mengurangi gejala maag, menghilangkan rasa lelah, menambah daya ingat dan juga dapat mencegah penyakit AIDS. Tidak hanya itu, khasiat susu kedelai juga sangat baik sebagai minuman pengganti bagi vegetarian dan penderita autisme.

Khasiat Susu Kedelai

Ternyata susu kedelai memiliki segudang khasiat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jadi tidak ada salahnya kita mengkonsumsi susu kedelai setiap hari karena memberikan khasiat susu kedelai yang sangat baik. Dan itulah tadi cerita tentang khasiat susu kedelai, semoga tulisan khasiat susu kedelai ini bermanfaat untuk semua pembacanya. Baca Juga Artikel kita selanjutnya tentang Khasiat Teh, dan Terimakasih Telah membaca informasi tentang Khasiat Susu Kedelai
Share this post :
 
Copyright © 2019. SMA AL HIKMAH MUNCAR - All Rights Reserved
Published by SMA AL HIKMAH MUNCAR
powered by: masfau