KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt,
karena dengan karunia dan ridhonya penyusunan Program Kerja
Laboratorium Komputer SMA AL HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran
2021 - 2022 dapat diselesaikan.
Program Kerja Laboratorium
Komputer SMA AL HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran 2020 - 2021 disusun
melalui upaya-upaya optimal untuk dijadikan pedoman pelaksanaan dalam berbagai
kegiatan praktiku di Laboratorium Komputer SMA AL HIKMAH MUNCAR Berorientase pada peningkatan hasil pendidikan
pada masa sekarang dan masa akan datang.
Dalam kesempatan ini perkenankanlah kami
menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan
kontribusi sehingga penyusunan Program Kerja Labiratorium
Komputer SMA AL HIKMAH MUNCAR ini terwujud. Demi
terealisasinya segala bentuk kegiatan seperti dalam program kerja laboratorium
Komputer ini, kami sangat mengharapkan perhatian, dukungan dan partisipasi
aktif dari berbagai pihak, kiranya kami dapat merealisasikan program-program
yang kami susun.
Kami yakin bahwa peningkatan kualitas pendidikan
dilingkungan SMA AL HIKMAH MUNCAR akan dapat
diwujudkan secara optimal, efektif dan efisien.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sekolah adalah lembaga
pendidikan yang mempunyai peran dan tugas untuk membentuk intelektual,
kepribadian, dan perilaku peserta didik dan secara umum untuk mencerdaskan
kehidupan bangsa.
Peran dan tugas
sekolah ini bisa berjalan dengan baik bila mendapat dukungan dari berbagai
pihak dan sektor, salah satu dari sektor sarana dan prasarana. Sektor sarana
dan prasarana memiliki peran yang cukup besar dalam menunjang kegatan
prasekolah, dan dalam menciptakan kondisi suasana yang kondusif yang mampu
memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh komponen sekolah khususnva
kepada peserta didik.
Suasana dan kondisi
yang kodusif, aman dan nyaman ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan mutu
sekolah yang baik dan sekolah yang unggul, sesuai dengan tuntunan KBK
(Kurikulum Berbasis kompetisi).
Keberhasilan untuk
menciptakan mutu sekolah yang baik dan sekolah yang unggul tentu saja tidak
terlepas dari sektor sarana dan prasarana. Agar sektor sarana prasarana di Lab.
Komputer bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan maka perlu disusun program
sarana prasarana sebagai pedoman pelaksanaan.
B. DASAR PEMIKIRAN
Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan
manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, pembangunan
yang dilaksanakan pemerintah bersama dengan rakyat mencakup pendidikan politik,
ekonomi dan social budaya dalam rangka menyikapi gejala sosial yang dilematis
terutama yang berkaitan dengan :
1. Persoalan Nasional
yang dihadapi masyarakat Indonesia dalam rangka peningkatan kualitas sumber
daya manusia yakni sistem pendidikan yang selama ini diterapkan saat ini belum
dapat menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing sejalan
dengan perkembangan peradaban dunia. Sementara perkembangan peradaban dunia
dewasa ini ditandai dengan munculnya era globalisasi, yaitu masa yang penuh
harapan, tantangan dan ketidak pastian serta persaingan yang semakin ketat
dalam bidang ekonomi dan pemanfaatan teknologi, sedangkan untuk dapat bertahan
dan mampu memenangkan persaingan tersebut di perlukan sumber daya manusia yang
handal.
2. Permasalahan yang
dihadapi pemerintah dan rakyat Indonesia adalah rendahnya kualitas sumber daya
manusia Indonesia.
Berkaitan
dengan permasalahan tersebut, salah satu langkah yang dapat ditempuh dalam
rangka mengantisipasi dan menanggulangi adalah melalui penyelenggaraan
pendidikan yang efisien dan efektif, diantaranya memberikan pendidikan dan
pelatihan praktek di Laboratorium bagi siswa SMA AL HIKMAH MUNCAR dan bagi Guru yang membutuhkan pengetahuan
tambahan tentang Komputer.
Pembelajaran
komputer berarti mempelajari gejala-gejala (fenomena) yang terjadi pada
teknologi yang berkembang pada saat ini, dalam belajar Komputer diharapkan
siswa tidak hanya sekedar menghapalkan fakta-fakta, konsep-konsep,
prinisp-prinisp dan teori tetapi juga harus mengembangkan kompetensinya.
Pengetahuan yang hanya sekedar dihapalkan akan cepat hilang dari ingatan akan
tetapi dengan kompetensi yang diperoleh diharapkan akan menjadi keterampilan
hidup yang dapat dimanfaatkan sepanjang masa.
Dengan melaksanakan
kegiatan pembelajaran di laboratorium Komputer, diharapkan kegiatan
pembelajaran mata pelajaran Komputer menjadi lebih bermakna. Sehingga dapat
mencapai tujuan yang diinginkan dan pada akhirnya materi serta hasilnya dapat
langsung digunakan secara praktis dalam kehidupan masyarakat.
C. DASAR HUKUM
1. Undang-undang
nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah
nomor 25 tahun 2000 tentang Program Pengembangan Pendidikan
Nasional tahun 2000-2004.
3. Permendiknas RI nomor
19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah.
4. Peraturan Pemerintah
nomor 19 Tahun 2005 bab VII pasal 42 ayat 2 tentang Standar Sarana Prasarana
5. Surat Keputusan
Menteri Pendidikan Nasional nomor 087/U/2002, Tanggal 19 April 2001 tentang
Penyusunan Standar Peningkatan Mutu Pendidikan.
D. TUJUAN
1. Tujuan Umum
Secara
umum penggunaan alat laboratorium Komputer berfungsi sebagai salah satu media
yang dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan dan penciptaan operasi yang efektif
dalam membimbing dan mendorong serta membantu peserta didik dalam
penyelenggarakan pendidikan yang lebih bermutu dan ketercapaian lulusan yang
bermutu pula.
2. Tujuan Khusus
a. Memberikan layanan
kepada siswa sehingga mampu menguasai teori sekaligus terampil mengaplikasikan
komputer.
b. Membantu guru untuk
mengenalkan peralatan canggih serta cara mengoperasikannya.
c. Membantu siswa untuk
mampu mengaplikasikan teori yang diterima serta dapat mengembangkan
kreasi dan imajinnya.
d. Laboratorium komputer
diharapkan menjadi tempat atau sarana yang melayani dan memfasilitasi para
siswa dan guru untuk menggali literatur-literatur melalui jaringan internet
dan Digital Library yang telah dikembangkan di laboratorium
Komputer. Dengan adanya Digital Library ini, laboratorium
komputer ini diharapkan bisa menjadi sarana kajian, penelitian dan belajar
mandiri bagi siswa dan guru melalui koleksi-koleksi digital yang ada, seperti
buku elektronik, jurnal elektronik, software pendidikan, video edukasi, audio,
dan lain sebagainya.
e. Dengan menggunakan
laboratorium komputer dapat memberi sumbangan bagi pendidikan secara umum
dengan cara memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang sangat
diperlukan yang berpusat pada situasi kehidupan nyata.
E. SUMBER DANA
Dana yang digunakan dalam mengelola laboratorium
komputer bersumber dari dana komite sekolah dan BOS.
BAB II
PROGRAM KERJA LABORATORIUM KOMPUTER
SMA AL HIKMAH MUNCAR
TAHUN PELAJARAN 2020 - 2021
Program
kerja laboratorium Komputer SMA
Negeri 01 Mukomuko Tahun Pembelajaran 2020-2021 meliputi :
1. Program Kerja
Laboratorium Komputer di SMA AL HIKMAH MUNCAR
NO. |
JENIS KEGIATAN |
SASARAN YANG INGIN DICAPAI |
WAKTU |
1. |
Penyusunan Pedoman dan Program Kerja |
Dalarn pelaksanaan
kegiatan dapat terencana dan sistematis. |
Bulan Juli 2020 |
2. |
Penyusunan Jadwal
Penggunaan Laboratorium Komputer |
Dengan adanya Jadwal kegiatan pengunaan Laboratoium dapat dilaksanakan lebih terstruktur dan
lebih optimal untuk setiap pelaksanaan kegiatan
Praktikum. |
Bulan Agustus 2020 |
3. |
Pendataan Inventaris
Laboratorium Komputer |
Mengetahui data
alat, bahan, dan barang yang ada di laboratorium sebagai informasi bagi Sekolah dan instansi yang berkepentingan |
Bulan Agustus - September 2020 |
4. |
Perawatan Komputer |
Perawatan ini
meliputi : 1. Kebersihan Lab. Komputer 2. Kebersihan Komputer secara
umum 3. Pengecekan Perangkat
Lunak dan Perangkat Keras |
Setiap minggu |
5. |
Membantu guru dalam kegiatan Praktik
Komputer atau kegiata Ekstrakurikuler siswa. |
Kegiatan praktikum dan kegiatan Ekstrak
siswa dapat di laksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disiapkan. Guru dan siswa dapat dengan mudah
menggunakan komputer dalam proses pembelajaran. |
Menyesuikan jadwal yang telah di siapkan |
6. |
Membantu siswa dan guru dalam mencari sumber
atau materi pembelajaaan |
Guru dan siswa dapat dengan mudah
menggunakan atau menjelajah internet dari komputer sesuai dengan
materi yang di inginkan. |
Setiap Hari aktif (tidak ada jadwal khusus) |
7. |
Mengadakan belajar tambahan (kursus
komputer) khusus siswa SMA AL HIKMAH MUNCAR yang masih aktif sebagai siswa. |
1. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih bisa mendalami
penggunakaan dan aplikasi komputer sesuai dengan kebutuhan. 2. Meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan teknologi dan
informasi. |
Menyesuikan jadwal yang telah di siapkan |
8. |
Pengenalan internet bagi siswa. |
Siswa mengenal
teknologi internet sehingga diharapkan mampu mencari informasi dan bahan tugas sekolah dari internet. |
Menyesuaikan |
9. |
Pengenalan umum
komputer dan aplikasi komputer bagi siswa |
Siswa mampu
mengenali dan mampu mengoperasikan komputer dan memahami fungsi dan kegunaan
aplikasi-aplikasi komputer. |
Menyesuaikan |
10. |
Pengenalan Internet bagi guru dan karyawan |
Guru dan karyawan mengenal teknologi internet sehingga diharapkan
mampu mencari informasi dan bahan pembelajaran dari internet. |
Menyesuaikan |
11. |
Pelatihan pembuatan e-mail bagi guru dan karyawan |
Setiap guru dan karyawan mempunyai email dan mampu mengoperasikannya. |
Menyesuaikan |
12 |
Pelatihan pemanfaatan media pembelajaran |
Guru dapat menggunakan media pembelajaran dengan baik. |
Menyesuaikan |
13. |
Pembuatan Laporan |
Melaporkan semua kegiatan -kegiatan di Lab.
Komputer ke : 1. Waka Kesiswaan 2. Waka Sarana |
Satu kali setiap
bulan |
2. Daftar Barang dan
Bahan yang diperlukan
Agar seluruh program yang dibuat dapat
terlaksana, tentunya diperlukan beberapa pendukung teknis baik itu sarana
ataupun prasarana yang dibutuhkan oleh laboran yang belum tersedia atau yang
diperlukan oleh petugas lab komputer, diantaranya sebagai berikut :
1. Infocus Projector
2. Struktur Organisasi
ukuran A 1 1 Buah
3. Tata Tertib ukuran A
I 1
Buah
4. Modul
Praktikum 1
x Jumlah peserta praktikum
5. Papan Informasi untuk : 1
Buah
a. Jadwal
Kegiatan
b. Informasi dan pengumuman
6. Buku Daftar Hadir
Pengunjung 1 Buah
7. Printer 1
Buah
3. Jadwal Penggunaan Lab.
Komputer
Jadwal
Penggunaan ini dibuat sebagai acuan bagi guru pengajar untuk mempersiapkan
segala hal yang berhubungan dengan kelangsungan proses belajar mengajar di Laboratorium
Komputer, dan untuk merawat alat dan bahan yang ada di Laboratorium Komputer.
(Untuk lebih lengkapnya ada di dalam lampiran).
4. Pengorganisasian
Pengorganisasian
ini adalah bagan yang menggambarkan hubungan antara komponen yang terlibat
dalam pengorganisasian Laboratorium Komputer. (Adapun gambar secara lengkap
susunan bagan terlampir).
5. Inventaris
Inventaris
adalah pengelola data tentang barang yang ada laboratorium Komputer, dari
jumlah alat dan bahan secara lengkap. (Daftar inventaris terlampir).
6. Tata Tertib (terlampir)
7. Tugas dan Tanggung
Jawab
1. Kepala Sekolah
a. Melakukan pengawasan
b. Memberikan pengarahan
2. Kepala Laboratorium
a. Melakukan koordinasi
b. Memberikan bimbingan
dan pengarahan
c. Melakukan pengawasan
terhadap laboran dan teknisi
d. Melaporkan kepada
Kepala Sekolah
3. Laboran
a. Melakukan pendataan
inventaris barang
b. Menata barang
inventaris menurut fungsinya
c. Mengatur jadwal
penggunaan laboratorium Komputer
d. Memberikan laporan
kondisi barang-barang inventaris
e. Melakukan pengawasan
penggunaan barang inventaris
f. Melaporkan
kejadian-kejadian penting yang berkaitan dengan penggunaan barang inventaris
g. Mengerjakan
administrasi laboratorium
4. Teknisi
a. Melakukan pengecekan
kondisi barang secara rutin
b. Melakukan perbaikan
pada barang inventaris yang masih dapat diperbaiki
BAB III
PENUTUP
Puji dan syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan karunia dan ridhonya penyusunan
Program Kerja Laboratorium Komputer SMA AL HIKMAH MUNCAR Tahun pelajaran 2020 - 2021 dapat
diselesaikan.
Dan akhirnya
demikianlah Program Kerja Laboratorium Komputer
SMA AL
HIKMAH MUNCAR Tahun Pelajaran 2020 -2021 ini disusun untuk
dapat dilaksanakan dan dijadikan acuan guna tercapainya Mutu Pendidikan di SMA AL
HIKMAH MUNCAR . Amin.
+ komentar + 5 komentar
TOP...
Link donwloadnya mana ?
Assalamu'alaikum admin,,, boleh minta data lampirannya... kami dari MTs Muhammadiyah Bukit Kili Kabupaten SOlok... Terima Kasih
trims sudah membantu
Terima kasih banyak atas pencerahannya