Selamat Datang di Official Web SMA AL HIKMAH MUNCAR

Rencana Kerja Tahunan

 RENCANA KERJA TAHUNAN

SMA AL HIKMAH MUNCAR

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

(TAHUN KEDUA)

 

 

A.      ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH

Dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu pengembangankemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, perlu persiapan dan penataan yang strategis melalui pendidikan. Berkaitan dengan hal ini pemerintah telah melakukan upaya melalui penenapan UUSPN No 20 Tahun 2003 yang di dalamnya memuat adanya dukungan anggaran sebesar 20% dari APBN untuk pendidikan.

SMA AL HIKMAH MUNCAR berupaya melaksanakan kebijakan pendidikan bedasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan menyelenggarakan pendidikan dengan mengacu kepada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Hal itu dimasudkan untuk pengembangan mutu serta relevansi dan efesiensi pengelolaan pendidikan dalam rangka menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan peningkatan dan strategi yang terencana, terarah, dan berkesinambungan.

Selanjutnya lingkungan memiliki keterkaitan baik langsung maupun tidak langsung dengan penyelenggaraan, strategi pengembangan, bahkan berkaitan dengan Proses Belajar Mengajar (PBM), dan kurikulum yang akan dilaksanakan di sekolah. Karena itu, sekolah harus melihat kondisi dan keterkaitan lingkungan dengan strategi dan proses-proses penyelenggaraan program kegiatan sekolah. Berdasarkan hasil analisis terhadap lingkungan operasional sekolah, ditemukan kondisi sebagai berikut:

§  Tingkat kesadaran penduduk terhadap pentingnya pendidikan sudah tinggi dan didukung dengan jumlah usia sekolah yang relatif besar, sehingga prospek keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan di SMA AL HIKMAH MUNCAR cukup menggembirakan.

§  Tuntutan dan harapan dimilikinya teknologi informasi (IT) dalam pengelolaan sekolah makin meningkat.

§  Minat penggunaan internet untuk kepentingan sekolah dan pendidikan dirasakan sebagai suatu kebutuhan mendesak.

 

B.  ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI

Kondisi pendidikan di SMA AL HIKMAH MUNCAR pada saat ini secara umum dapat digambarkan sebagai berikut:

1.      Proses pembelajaran masih terlaksana secara semi konvensional. Dipandang perlu adanya upaya yang sistematis untuk terus mengembangkan kemampuan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif , dan menyenangkan.

2.      Masih banyaknya tenaga pendidik yang belum S-2 kependidikan dan kemampuan tenaga pendidik dalam melaksanakan PBM belum merata.

3.      Bahan dan sumberpembelajaran masih perlu penambahan untuk memenuhi standar  terlaksananya pembelajaran yang optimal.

4.      Media pembelajaran berupa internet belum sepenuhnya memadai.

5.      Pegelolaan sekolah masih belum efektif sesuai dengan tuntutan pengembangan implementasi manajemen berbasis sekolah secara utuh disebabkan berbagai faktor.

6.      Sarana dan prasarana masih perlu penambahan dan dilengkapi untuk terlaksananya pembelajaran yang optimal.

7.      Pembiayaan yang masih belum mencukupidan  belum memenuhi standar minimal disebabkan berbagai faktor seperti kebijakan pemerintah dan kemampuan daya beli masyarakat.

8.      Pelaksanaan penilaian masih belum memenuhi tuntutan penilaian yang mampu mendapatkan informasi aktual tentang berbagai aspek kompetensi peserta didik.

9.      Sekolah berdekatan dengan kantor dinas/instansi pemerintah, sehingga mempermudah untuk mengadakan koordinasi dan kerjasama yang mendukung penyelenggaraan pendidikan.

10.  Dukungan masyarakat terhadap operasional sekolah terutama dukungan yang bersifat material kurang maksimal, karena masyarakat di sekitar lingkungan sekolah sebagian besar beraktivitas di sektor pertanian, buruh, dan sebagian kecil pedagang dengan rata-rata pendapatan secara umum masih relatif rendah.

11.  Komitmen  Komite Sekolah untuk memajukan sekolah dengan penggalian sumber daya sekolah belum optimal.

12.  Terbentuk hubungan yang harmonis antara sekolah dengan orangtua peserta didik, masyarakat , instansi pemerintah.

13.  Dunia usaha belum sepenuhnya mendukung terhadap pengembangan program-program sekolah.

 

C.    ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH 1 TAHUN KE DEPAN  (YANG DIHARAPKAN)

Berdasarkan  hasil analisis dan memperhatikan kondisi pendidikan sekolah saat ini, maka harapan  pendidikan di SMA AL HIKMAH MUNCAR untuk kurun waktu satu tahun mendatang akan lebih baik. Harapan sistem pendidikan di SMA AL HIKMAH MUNCAR pada satu tahun yang akan datang adalah sebagai berikut:

 

NO.

BIDANG

KONDISI 1 TAHUN KE DEPAN

1.

Kurikulum

1.      Tenaga pendidik memiliki kemampuan yang memadai untuk menyusun administrasi pembelajaran Kurikulum  Kurikulum 13 untuk kelas X, XI, XII

2.      Memiliki dokumen administrasi pembelajaran Kurikulum 2013 kelas X, XI, XII, mulai dari Silabus, RPP,  KKM, Prota, Promes, dan administarsi guru lainnya

3.      Tersedianya perangkat pembelajaran yang lengkap (kalender pendidikan, pemetaan aspek mata pelajaran, pengembangan silabus dan sistem penilaian, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan yang lainnya sesuai dengan kebutuhan PBM)

 

2.

Sarana dan Prasarana

1.      Memiliki sarana air yang memadai dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

2.      Memiliki mebeulair laboratorium IPA yang lengkap.

3.      Memiliki sarana olah raga dan kesenian  yang lengkap.

4.      Memiliki fasilitas komputer yang lengkap yang didukung oleh kemampuan tenaga pendidik dalam mengoperasikan komputer tersebut.

5.      Tersedianya jaringan internet untuk peserta didik dan penambahan unit komputer dari tahun ke tahun

6.      Memiliki halaman sekolah yang hijau, bersih, indah dan  nyaman

7.      Memiliki WC siswa dan guru sesuai SPM

8.      Memiliki sarana pengembangan kemampuan peserta didik dalam membiasakan membaca Al-Qur’an yang memadai.

9.      Memiliki ruang UKS yang sesuai SPM

3.

PBM

1.      Semua tenaga pendidik mata pelajaran memahami penerapan model pembelajaran CTL, sehingga mampu menerapkan model tersebut.

2.      Memiliki media pembelajaran yang lengkap dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

3.      Tenaga pendidik memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan media pembelajaran, sehingga media pembelajaran yang dimiliki dapat digunakan secara optimal.

4.      Alat/bahan pembelajaran lengkap dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

4.

Tenaga Pendidik dan Kependidikan

1.      Terdapat peningkatan jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang memiliki kompetensi, kualifikasi, dan sertifikasi yang sesuai dengan bidangnya.

2.      75% tenaga pendidik dan kependidikan menguasai komputer dan internet

3.      50 % tenaga pendidikan memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik dan benar.

5.

Sistem Penilaian

1.      Tersedianya perangkat penilaian yang beragam dari semua mata pelajaran untuk semua jenjang kelas.

2.      Terlaksananya model-model penilaian, baik penilaian proses, penilaian blok, remedial, dan pengayaan, penilaian akhir semester maupun akhir satuan pendidikan.

3.      Perangkat penilaian terdokumentasi dengan baik.

6.

Prestasi Akademik dan Non Akademik

1.      Prestasi akademik dan non akademik dapat mencapai tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional.

2.      Terselenggaranya berbagai macam lomba, uji coba, olimpiade, dan sebagainya untuk Pengembangan prestasi peserta didik.

3.      Pembinaan peserta didik yang akan mengikuti lomba akademik dan non akademik dilakukan secara optimal.

7.

Kelulusan Peserta didik

1.      Prestasi akademik lulusan memenuhi standar nasional Pendidikan (SKBM 75,00)

2.      Nilai kelulusan Ujian Nasional mencapai 100%

8.

Budaya Sekolah

1.      Peningkatan penegakan disiplin tata tertib dan sanksi terhadap warga sekolah sudah maksimal

2.      Pemberian penghargaan terhadap kepatuhan tata tertib bagi warga sekolah sering dilakukan.

3.      Peningkatan budaya bersih,

4.      Terciptanya budaya senyum, sapa, salam

5.      Peningkatan pelaksanaan  sholat dzuhur berjamaah bagi  semua peserta didik

9.

Pengelolaan Pendidikan

1.      Keterlibatan warga sekolah dalam pembuatan RPS  mencapai 90%

2.      Fungsi-fungsi pengelolaan lainnya mencapai 100% dari Standar Nasional Pendidikan

10.

Pembiayaan Sekolah

2.      Bersumber dari komite sekolah, BOS reguler, BOS Buku, dan School Grant, Subsidi Sekolah Potensial Menuju SSN, dan bantuan lainnnya.

3.      Terjadinya kerjasama yang produktif dengan pihak-pihak penyandang dana, baik secara rutin, berkala maupun insidental

4.      Terjadinya kerjasama yang efektif dan efesien dengan para alumni dalam menciptakan hubungan yang harmonis dalam upaya penggalangan dana.

 

 

 

 

 

D.      IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA 1 (SATU) TAHUN KE DEPAN

No.

Kondisi Pendidikan Saat Ini

Kondisi Pendidikan Masa Datang (1 tahun)

Besarnya Tantangan Nyata

1.

Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan

 

 

A

Bidang akademik :

Bidang akademik :

 

 

o   Rata2 pencapaian KKM semua mapel 74 ,75

o   Rata2 pencapaian NUN 5,27

o   Memperoleh juara ke-6 tk kab/kota bidang Matematika

o   Memperoleh juara ke-26 tk kab/kota bidang IPA

o   Memperoleh juara ke-22 tk kabupaten bidang IPS

o   Rata2 pencapaian KKM semua mapel 75,00

o   Rata2 pencapaian NUN 5,50

o   Memperoleh juara ke-2 tk kab/kota bidang Matematika

o   Memperoleh juara ke-20 tk kab/kota bidang IPA

o   Memperoleh juara ke-20 tk kabupaten bidang IPS

0,1,25

 

0,23

 

2 tingkat

 

 

16 tingkat

 

2 tingkat

 

b

Bidang non akademik

Bidang non akademik

 

 

o   Perolehan jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang Keagamaan pada tk Kecamatan

o   Memperoleh juara ke-1 tk Kecamatan Bidang Tahfidz

o   Memperoleh juara ke-1 tk Kecamatan bidang MTQ

o   Perolehan jumlah kejuaraan: 4 jenis/bidang Keagamaan  pada tk kab/kota

o   Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang Tahfidz

o   Memperoleh juara ke-1 tk kab/kota bidang MTQ

1 tingkat

 

 

1 tingkat

 

1 tingkat

 

c.

Kelulusan:

Kelulusan :

 

 

o   Jumlah kelulusan 100%

o   Jumlah kelulusan 100%

-

d.

Melanjutkan studi :

 

 

 

o   Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 90 %

o   Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi  100 %

10 %

 

2.

Standar Isi

Standar Isi

 

a

Buku Kurikulum 2013 (Buku/Dokumen-1)

 

 

 

Belum  tersusun Buku Kurikulum 2013 / 75 %

Tersusun 1 Buku Kurikukum 2013

100 %

 


No.

Kondisi Pendidikan Saat Ini

Kondisi Pendidikan Masa Datang (1 tahun)

BesarnyaTan-tangan Nyata

b

Silabus:

Silabus:

 

 

o   Belum tersusun silabus Kurikulum 2013 untuk  12 mapel

o   Belum tersusun silabus Kurikulum 2013semua mapel kelas 7,8,dan 9

o   Tersusun silabus Kurikulum 2013 untuk 12 mapel

o   Tersusun silabus semua mapel Kurikulum 2013 kelas 7,8 dan 9

100 %

 

100 %

c

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):

 

 

 

o   90 % tersusun RPP Kurikulum 2013 dari semua mapel

 

o   Tersusun RPP Kurikulum 2013: 100% dari semua mapel

 

10 %

 

 

 

 

3.

Standar Proses

Standar Proses

 

 

a

Persiapan pembelajaran:

Persiapan pembelajaran:

 

 

o   Kepemilikan silabus Kurikulum 2013 dan atau Kurikulum 2013 oleh tenaga pendidik: 95 % memiliki

o   Kepemilikan RPP Kurikulum 2013oleh tenaga pendidik: 95% memiliki

o   Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 55%

o   Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman tenaga pendidik terhadap karakteristik peserta didik: 45%

 

o   Kepemilikan silabus oleh tenaga pendidik: 100% memiliki

o   Kepemilikan RPP oleh tenaga pendidik: 100% memiliki

o   Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%

o   Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman tenaga pendidik terhadap karakteristik peserta didik: 100%

5 %

 

 

5 %

 

 

45%

 

55%

b

Persyaratan Pembelajaran

o   Jumlah siswa per rombel : 25-33 anak

o   Beban mengajar tenaga pendidik : 24 jam/minggu

o   Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel :1:2

o   Pengelolaan kelas : 70 %

 

 

o  Jumlah siswa per rombel : 32 anak

o  Beban mengajar tenaga pendidik : 24 jam/minggu

o  Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel :1:1

 

o  Pengelolaan kelas 80%

 

 

Penambahan 1 buku/peserta didik

30 %

c

Pelaksanaan pembelajaran:

Pelaksanaan pembelajaran:

 

 

o   Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh tenaga pendidik di kelas: 86%

o   Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 10%

 

o   Penerapan CTL: 60%

o   Penerapan pembelajaran tuntas: 50%

o   Penerapan PAIKEM/PAKEM: 75%

o   Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 20%

o   Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 76%

 

o   Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh tenaga pendidik di kelas: 100%

o   Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 40%

o   Penerapan CTL: 80%

o   Penerapan pembelajaran tuntas: 75%

o   Penerapan PAIKEM/PAKEM: 100%

o   Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 50%

o   Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 85%

 

9%

24 %

 

60%

 

30%

 

20%

25%

 

25%

 

30%

 

9%

d

Pelaksanaan penilaian pembelajaran:

Pelaksanaan penilaian pembelajaran:

 

 

o   Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 80%

o   Variasi model penilaian: 2 model

o   Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual

 

o   Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat

 

o   Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 100%

o   Variasi model penilaian: 3 model

 

o   Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual

 

o   Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat

 

20%

 

1model

 

1 jenis berbasis TIK

1 kemanfa-atan/

tindak lanjut

E

Pengawasan proses pembelajaran:

Pengawasan proses pembelajaran:

 

 

o   Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 80%

o   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 86%

o   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 90%

o   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 80%

 

o   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 78%

 

o   Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 90%

o   Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%

o   Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100%

o   Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 90%

 

o   Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 90%

 

10%

 

14%

 

10%

 

10%

 

 

12%

4

Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:

Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:

 

 

A

Kepala sekolah:

 

 

 

o  Satu kali pelatihan TIK

o  Satu kali pelatihan kepemimpinan

o  Satu kali pelatihan manajerial sekolah (MBS)

o  Satu kali pelatihan kewirausahaan

o  Satu kali pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah

o  Satu kali pelatihan administrasi persekolahan

o  Satu kali pelatihan KURTILAS

 

o   pelatihan TIK min. 2 kali

o   pelatihan kepemimpinan min. 2 kali

o   pelatihan manajerial sekolah (MBS) min. 2 kali

o   pelatihan kewirausahaan min. 2 kali

o   pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah min. 2 kali

 pelatihan administrasi persekolahan min. 2 kali

o   Pelatihan KURTILAS min 2 kali

 

1 kali

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

1 kali

 

B

Tenaga pendidik: (bersifat rata-rata)

Tenaga pendidik: (bersifat rata-rata)

 

 

o   Pelatihan CTL : 80%

o   Pelatihan pembelajaran tuntas : 70%

o   Pelatihan evaluasi dan penilaian pembelajaran : 90%

 

o   Pelatihan bahasa Inggris : 20%

o   Pelatihan TIK : 80 %

o   Pelatihan Kurikulum 2013 : 100%

o   Pelatihan penelitian pendidikan : 60%

o   Pelatihan kepribadian : 76%

 

o   Pengabdian masyarakat : 50%

 

Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 50%

o   Pelatihan CTL : 90%

o   Pelatihan pembelajaran tuntas : 80%

o   Pelatihan evaluasi dan penilaian pembelajaran : 100%

o   Pelatihan bahasa Inggris : 40%

o   Pelatihan TIK : 100 %

o   Pelatihan KURTILAS : 100%

o   Pelatihan penelitian pendidikan : 70%

o   Pelatihan kepribadian : 90%

o   Pengabdian masyarakat : 70%

Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 70%

10%

 

10%

 

10%

 

 

20%

10%

0%

 

14%

 

20%

 

20%

C

Tenaga Kependidikan,

 

 

 

o  Pelatihan TIK : 90%

o  Pelatihan bahasa Inggris : 10%

o  Pelatihan bidangnya : 45%

o  Pelatihan manajemen sesuai bidangnya : 45%

o  Pelatihan TIK : 100%

o  Pelatihan bahasa Inggris : 20%

o  Pelatihan bidangnya : 60%

o  Pelatihan manajemen sesuai bidangnya : 60%

 

10%

10%

15%

20%

5

Standar Sarana dan Prasarana

Standar Sarana dan Prasarana

 

 

A

Sarana dan Prasarana Minimal

Sarana dan Prasarana Minimal

 

 

o  Ruang kepala sekolah: 4 m2

 

o  Ruang wakil KS tidak ada

 

o  Ruang kelas : 2 tidak standar

 

o  Ruang perpustakaan: standar

 

o  Ruang Lab. IPA: 1 buah

 

o  Ruang tenaga pendidik: tidak standar

 

o  Gudang: tidak ada

 

o  Ruang UKS : ada

 

 

o   Ruang OSIS : tidak ada

 

o   Ruang BP/BK : tidak ada

 

 

o   Ruang ganti pakaian : tidak ada

o   Ruang kepala sekolah: min. 12 m2

o   Ruang wakil KS ada

 

o   2 Ruang kelas : standar 7X9 m2

 

o   Ruang perpustakaan: standar

 

o   Ruang Lab. IPA: 1 buah

 

o   Ruang tenaga pendidik: terbangun standar

 

o   Gudang: ada

 

o   Ruang UKS : ada 4 x2 m2

 

 

o   Ruang OSIS : ada

 

o   Ruang BP/BK ; ada

 

 

o   Raung ganti pakaian : ada 1 buah

Terbangun ruang KS standar

Terbangun R WK KS

Terbangun 2 R kelas baru

 

Perlu direnovasi

 

-

 

Terbangun ruang tendik standar

Terbangun 1 gudang

Terbangu Ruang UKS

 

Terbangun Ruang OSIS

Terbangun Ruang BP/BK

 

Terbangun Ruang Ganti

B

Sarana dan Prasarana Lainnya

Sarana dan Prasarana Lainnya

 

 

o   Ruang Lab. Bahasa: tidak ada

 

o   Ruang Lab. Komputer:  ada

 

o   Ruang multi media: tidak ada

o   Ruang akademik dan pengembangan SIM: tidak ada

 

 

o   Ruang kantin: tidak ada

o   Mushola ; ada

o   WC peserta didik : 4 buah

 

 

o   Alat Lab. IPA : ada (lengkap)

 

 

o   Lapang olahraga Basket/Voli

o   Komputer Peserta didik : tidak ada

 

o  Alat pembelajaran Seni Budaya : tidak ada

 

 

 

 

o  Alat pembelajaran olahraga : belum lengkap

 

 

o  Alat pembelajaran IPS : belum lengkap

 

o   Alat pembelajaran mata pelajaran lainnya : tidak lengkap

 

o   Ruang Lab. Bahasa: 1 buah

 

o   Ruang Lab. Komputer: 1 buah

(dipakai ruang belajar)

o   Ruang multi media: tidak ada

o   Ruang akademik dan pengembangan SIM: 2 buah

 

o   Ruang kantin: ada s/ tandar

o   Mushola : ada

o   WC peserta didik : 8 buah

 

o   Alat Lab. IPA : lengkap

 

 

o   rusak

o   Komputer peserta didik : 1 paket

 

o  Alat pembelajaran Seni Budaya : 1 paket

 

 

 

 

o  Alat pembelajaran olahraga :  lengkap

 

 

o  Alat pembelajaran IPS :  lengkap

 

o   Alat pembelajaran mata pelajaran lainnya :  lengkap

 

o  Terbangun 1 R Lab Bahasa

o  Difungsikan kembali

o  Terbangun R multi media

o  Terbangun 2 R akademik dan SIM

o  Terbangun R kantin standar

o  Terlengkapinya WC peserta didik 8 buah

o  alat Lab. IPA tinggal lbh difungsikan

 

o  tersedianya komputer siswa

o  Terlengkapinya alat pemb. S. Budaya peserta didik 1 paket

o  Terlengkapinya alat pembel. Olahraga

o  Terlengkapinya alat pembel. IPS

o  Terlengkapinya alat pembelajaran mata pelajaran lainnya

C

Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian

Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian

 

 

o   Daya listrik : 1400 W

o   Komputer guru : 2%

o   Komputer TU : 2 buah

o   Komputer R.perpustakaan: tidak ada

o   Jaringan internet: 50 % termanfaatkan

o   Sarana olah raga: 30%

 

o   Daya listrik : 3000 W

o   Komputer guru : 10%

o   Komputer TU : 3 buah

o   Komputer R.perpustakaan: 1 ada

o   Jaringan internet: 100 % termanfaatkan

o   Sarana olah raga: 50%

 

1600 W

5%

1 buah

1 buah

 

50%

 

20 %

6.

Standar Pengelolaan

Standar Pengelolaan

 

 

A

Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:

Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:

 

 

o   Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 80%

o   Dokumen PSB: 90%

o   Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 80%

 

o   Dokumen tata tertib sekolah: 90%

o   Dokumen kode etik sekolah: 90%

o   Dokumen penugasan tenaga pendidik: 90%

o   Dokumen administrasi sekolah lainnya: 90%

o   Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2): 90%

o   Dokumen PSB: 100%

o   Dokumen Pedoman pembinaan kepeserta didikan: 100%

o   Dokumen tata tertib sekolah: 100%

o   Dokumen kode etik sekolah: 100%

o   Dokumen penugasan tenaga pendidik: 100%

o   Dokumen administrasi sekolah lainnya: 90%

10%

 

10%

 

20%

 

10%

 

10%

 

10%

 

10%

B

Struktur organisasi dan mekanisme kerja:

Struktur organisasi dan mekanisme kerja:

 

 

o   Struktur organisasi: 85% lengkap

o   Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 90%

o   Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 90%

 

o   Struktur organisasi: 100% lengkap

o   Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%

o   Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 100%

 

15%

 

10%

 

 

10%

c

Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:

Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi:

 

 

o   Tidak ada tim khusus

o   Instrumen suvervisi : 70 %

 

o   Instrumen monitoring: 50 %

 

o   Instrumen evaluasi : 60 %

 

o   Instrumen akreditasi: 90 %

 

o   Pelaporan supervisi : 90 %

 

o   Pelaporan monitoring : 90 %

 

o   Pelaporan evaluasi: 100 %

 

o   Pelaporan akreditasi internal : 90 %

o   Pendokumentasian : 95 %

o   Tindak lanjut: 90%

 

o   Ada tim khusus: 100%

o   Ada instrumen supervisi: 90%

o   Ada instrumen monitoring: 70%

o   Ada instrumen evaluasi: 70%

o   Ada instrumen akreditasi: 100%

o   Ada pelaporan supervisi: 100%

o   Ada pelaporan monitoring: 100%

o   Ada pelaporan evaluasi: 100%

o   Ada pelaporan akreditasi internal: 100%

o   Pendokumentasian : 100%

o   Tindak lanjut: 100%

 

100%

20 %

 

20 %

 

10%

 

10%

 

10%

 

10%

 

0%

10%

 

10 %

10%

D

Kemitraan dan peran serta masyarakat:

Kemitraan dan peranserta masyarakat:

 

 

o   Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 50%

o   Dokumen program kerja komite sekolah: 70%

o   Kepengurusan komite sekolah: 75% lengkap

o   Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 3 instansi

o   Bantuan biaya pendidikan dari orang tua peserta didik: 0 rupiah/bulan

 

o   Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 70%

o   Dokumen program kerja komite sekolah: 85%

o   Kepengurusan komite  komite sekolah: 90% lengkap

o   Perolehan kerjasama dengan pihak lain: 4 instansi

o   Bantuan biaya pendidikan dari orang tua peserta didik: 5.000 rupiah/bulan

 

20%

 

15%

 

15%

 

1 instansi

 

 

5.000,- rupiah/bulan

7.

Standar Keuangan dan Pembiayaan

Standar Keuangan dan Pembiayaan

 

 

A

Sumber dana: 1 sumber

Sumber dana: minimal 5 sumber

Minimal 3

B

Pengalokasian dana: 8 SNP

Pengalikasian dana: minimal 8 SNP

atau lebih

C

Penggunaan dana: 100 % benar

Penggunaan dana: 100% benar

-

D

Pelaporan penggunaan dana: 100 %

Pelaporan penggunaan dana: 100%

-

E

Dokumen pendukung pelaporan: 90%

Dokumen pendukung pelaporan: 100%

10 %

8.

Standar Penilaian Pendidikan:

Standar Penilaian Pendidikan:

 

A

Frekuensi ulangan harian oleh tenaga pendidik: 90%

Frekuensi ulangan harian oleh tenaga pendidik: 100%

10%

B

Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh tenaga pendidik: 100%

Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh tenaga pendidik: 100%

0%

C

Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%

Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%

 

0%

D

Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%

Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%

 

0%

E

Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan tenaga pendidik dalam pembelajaran: 100%

Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan tenaga pendidik dalam pembelajaran: 100%

 

0%

F

Instrumen yang dikembangkan tenaga pendidik untuk ulangan harian: 100%

Instrumen yang dikembangkan tenaga pendidik untuk ulangan harian: 100%

 

0%

g

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 90%

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 100%

 

0%

H

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 100%

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenikan kelas: 100%

0%

I

Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh tenaga pendidik: 100% terpenuhi

Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh tenaga pendidik: 100% terpenuhi

0%

J

Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi

Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi

0%

                        

E.       TUJUAN SITUASIONAL/SASARAN

 

 

1.         Pengembangan kegiatan pembinaan kerohanian Islam( Pendidikan Karakter);

2.         Pengembangan program kegiatan pembinaan tatakrama;

3.         Pengembangan tatanan kedisiplinan sekolah;

4.         Pengembangan KKM untuk kelas VII,VIII dan IX setiap mata pelajaran;

5.         Pengembangan kurikulum 2013 untuk kelas VII, VIII dan IX;

6.         Pengembangan silabus untuk seluruh mata pelajaran;

7.         Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk setiap mata pelajaran;

8.         Pengembangan pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk kelas VII, VIII dan IX;

9.         Pengembanganstrategi pembelajaran setiap tingkatan kelas yang berorientasi pada Sciencetific, Problem Bond Learning, Discovery Learning, Problem  Solving;

10.     Pengembangan  standar kelulusan;

11.     Pengembangan prestasi lomba akademik peserta didik dan tenaga pendidik;

12.     Pengembangan prestasi non akademik  bidang keagamaan, olah raga, Kesenian,  Pramuka, Keterampilan, kesenian dan marching band;

13.     Pengembangan bahan dan sumber pembelajaran;

14.     Pengembangan model perangkat penilaian pembelajaran semua mata pelajaran;

15.    Pengembangan implementasi model evaluasi pembelajaran semua mata pelajaran;

16.    Pengembangan instrumen atau perangkat soal untuk berbagai model evaluasi;

17.    Melaksanakan sistem penilaian secara terpadu dan berkelanjutan;

 

18.    Pengembangan strategi penilaian otentik;

19.    Pengembangan penyelenggaraan lomba-lomba dan uji coba dalam peningkatan standar nilai;

20.     Pengembangan implementasi Sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS);

21.    Pengembangan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan;

22.    Pengembangan kompetensi tenaga pendidik;

23.    Pengembangan kompetensi tenaga kependidikan;

24.    pengembangan monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap tenaga pendidik dan tenaga Tenaga kependidikan;

25.    Pengembangan kuantitas tenaga pendidik yang telah mengikuti PTBK;

26.    Pengembangan dan Pengembangan media pembelajaran;

27.    Pengembangan standar sarana dan prasarana yang memenuhi SPM;

28.    Pengembangan jalinan kerja secara vertikal dan horizontal;

29.    Pengembangan ukhuwah Islamiah warga sekolah dan keluarga secara harmonis;

30.    Pengembangan implementasi Sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS);

31.     Pengembangan pengelolaan pembiayaan yang transparan, efisien, akuntabel sesuai prinsip MBS

32.     Pengembangan penataan lingkungan sekolah;

33.     Pengembangan pencitraan publik terhadap kinerja sekolah;


 


RENCANA PROGRAM KERJA

 

I. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

1. Kompetensi Lulusan

1.   Penetapan prestasi akademik

 

a. Penetapan standar kelulusan

 

b. Penetapan kreteria kenaikan kelas

 

c. Penetapan KKM mapel

 

d. Penetapan rata-rata UN

 

e. Penetapan rata-rata US

 

f. Penetapan kejuaraan peserta didik berprestasi

 

g. Penetapan kejuaraan Tendik berprestasi

 

h. Penetapan kejuaraan PASIAD

 

i. Penetapan kejuaraan OSN

 

2.    Penetapan Prestasi Non-akademik

 

a. Penetapan kejuaraan Pramuka

 

b. Penetapan kejuaraan O2SN

 

c. Penetapan kejuaraan FL2SN

 

e. Penetapan kejuaraan karya ilmiah

 

II.  STANDAR ISI

1. Kerangka dasar

1.  Pengembangan kurikulum satuan pendidikan

kurikulum

sesuai dengan SNP

 

a. Penyempurnaan Buku I

2. Struktur Kurikulum

1. Pengembangan stuktur kurikulum

 

a. Penyempurnaan Buku I

3. Beban Belajar

1. Optimalisasi pembagian beban mengajar tendik

 

a. Menyusun pembagian beban mengajar

 

           tahun pelajaran 2012-2015

4. KURIKULUM 2013

1. Penyempurnaan silabus KURIKULUM 2013 kelas VII, VIII, dan IX

 

a. Menyusun silabus KURIKULUM 2013 kelas VII, VIII,  dan IX

 

1) Honor narasumber

 

2) Konsumsi narasumber

 

3) Transport narasumber

 

4) Konsumsi tenaga pendidik

 

5) Pembuatan silabus kelas VII, VIII, dan IX

 

6) ATK

 

b. Menyusun RPP kelas VII, VIII, dan IX

 

1) Honor narasumber

 

2) Konsumsi narasumber

 

3) Transport narasumber

 

4) Konsumsi tenaga pendidik

 

5) Pembuatan RPP kelas VII, VIII, dan IX

 

6) ATK

 

c. Dokumentasikan silabus dan RPP kelas VII, VIII,

 

dan IX

5. Kalender akademik

1. Pengembangan kalender sekolah

 

a. Menyusun kalender sekolah tahun 2012-2015

b. Menyusun rencana kegiatan berdasarkan kalender

 

III. STANDAR PROSES

1. Perencanaan

1. Pengembangan bahan ajar

Proses Pembelajaran

a. Persiapan penyusunan bahan ajar

 

b. Pembuatan bahan ajar (diktat)

 

c. Penggandaan

2. Pelaksanaan

1. Pengembangan dan penyusunan sumber belajar   dan

Proses Pembelajaran

bahan pembelajaran yang di selaraskan dengan

 

pembelajaran kontekstual (CTL)

 

a. Melaksanakan workshop dan penyusunan sumber

 

dan bahan pembelajaran yang diselaraskan

 

dengan pembelajaran kontekstual CTL

 

b. Penyelenggaraan pelatihan model-model

 

pembelajaran berbasis IT

 

1) Honor Fasilitator

 

2) Konsumsi Fasilitator

 

3) Transport Fasilitator

 

4) Honor Peserta

 

5)  Honor Panitia

 

6)  Konsumsi Peserta

 

7) Hand Out Materi

 

8) Pengadaan ATK

 

2. Optimalisasi kegiatan pengembangan diri

 

a. Melaksanakan pembinaan kegiatan

 

pengembangan diri

 

a) English Club/bahasa Arab

1. Perencanaan

1. Pengembangan bahan ajar

 

b) Pertanian

 

c) Olahraga

 

d) Keagamaan


e)Pramuka

 

3. Optimalisasi kegiatan MGMP di sekolah

 

a. Melaksanakan kegiatan MGMP di sekolah secara

 

Terjadwal

 

4. Peningkatan akhlak mulia peserta didik

 

a. Melaksanakan Kegiatan Pesantren Ramadhan

 

b. Melaksanakan Bimbingan Rohani


c.Sholat zduhur berjamaah


d.Budaya senyum, sapa, dan salam

 

5. Peningkatan kreativitas dan prestasi peserta didik dalam

 

bidang olahraga dan seni

 

a.Menyelenggarakan Pekan Kreativitas Peserta didik

 

Sekolah

 

6. Optimalisasi potensi peserta didik di bidang akademik

 

a. Mengikuti perlombaan PASIAD

 

b. Mengikuti kegiatan Olimpiade MIPA dan IPS

 

c. Mengikuti kegiatan Peserta didik Berprestasi

 

7. Optimalisasi potensi peserta didik di bidang non akademik

 

a. Melaksanakan Pentas PAI

 

b. Mengikuti kegiatan OSN

 

c. Mengikuti kegiatan O2SN

 

d. Mengikuti kegiatan FL2SN

 

e.  Melaksanakan Kejuaran bola voli

3. Penilaian Hasil

1. Optimalisasi kegiatan penilaian hasil belajar

Belajar

a. Penyusunan format-format penilaian

 

b. Melaksanakan penilaian kelas

4. Pengawasan proses

1. Optimalisasi pengawasan proses pembelajaran

Pembelajaran

a. Supervisi proses pembelajaran

 

b. Monitoring proses pembelajaran

 

 

IV. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

1. Tenaga pendidik

1. Peningkatan kualitas pendidik dan tenaga

 

pendidikan dalam aspek profesional

 

a. Mengikutsertakan tenaga pendidik dan kependidikan

 

dalam kursus komputer dan internet pada lembaga kursus

 

1) Instruktur komputer

 

2) Transport peserta kursus

 

3) Modul

 

4) ATK

 

5) Kepanitian

 

b. Melaksanakan kursus bahasa Inggris

 

1) Transport Instruktur

 

2) Honor Peserta

 

3) Modul

 

4) Honor Panitia

 

5) Pengadaan ATK

 

c. Mengikutsertakan tenaga pendidik dlm lomba tenaga pendidik berprestasi

 

d. Mengikutsertakan tenaga pendidik dalam pelatihan karya tulis ilmiah


a.    Pendidikan berkelanjutan

2. Kepala sekolah

1. Peningkatan kompetensi kepala sekolah

 

a. Pelatihan kepemimpinan kepala sekolah

 

b. Mengikuti Rapat Kepala Sekolah ( MKKS )

3. Tenaga Administratif

1. Peningkatan kemampuan tenaga administratif

 

a. Mengikutsertakan tenaga administrasi dalam

 

pelatihan pengelolaan sekolah

 

b. Mengikutsertakan tenaga administrasi dalam

 

bedah SPJ BOS

4. Tenaga Perpustakaan

1. Peningkatan kemampuan tenaga perpustakaan

 

a. Mengikutsertakan pustakawan dalam pelatihan

 

pengelolaan perpustakaan

 

b. Pembuatan program kerja perpustakaan

5. Tenaga Laboran

1. Peningkatan kemampuan tenaga laboran

 

a. Mengikutsertakan tenaga laboran dalam pelatihan

 

pengelolaan laboratorium

 

b. Penyusunan program kerja laboran

6. Tenaga Layanan

1. Peningkatan kemampuan tenaga layanan khusus

Khusus

 a. Melaksanaan pembinaan secara berkala

 

V. STANDAR SARANA DAN PRASARANA

 

1. Lahan

1. Pengembangan Lahan Sekolah

 

a.  Penggunaan lahan sekolah sebagai sumber belajar

b.  Pemeliharaan lahan sekolah yang bersih, asri, rimbun, hijau, dan nyaman

2. Bangunan

1. Pengembangan bangunan sekolah

 

a.     Pembangunan Ruang Kelas Baru

 

b.    Pembangunan Ruang Laboratorium Bahasa

 

c.    PembangunanRuang Laboratorium Komputer

 

d.   Perbaikan Ruang Kelas


e.    Penambahan WC peserta didik

 

f.     Perbaikan Lapangan olahraga

 

g.    Perbaikan halaman sekolah (depan)

 

h.   Perbaikan salasar-salasar

 

i.     Perbaikan  benteng sekolah

 

j.     Pembenahan dan pembangunan lingkungan sekolah

 

 

3. Kelengkapan sarana

1. Pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran

dan prasarana

a. Pembelian buku pelajaran online dan ofline

 

b. Pembelian laptop

 

c. Pembelian alat-alat peraga Matematika

 

d. Pembelian alat-alat peraga IPS

 

e. Pembelian alat-alat peraga IPA

 

f. Pembelian alat-alat peraga Biologi

 

g.  Pembeliann alat-alat komputer

 

h. Pembelian papan data

 

j.  Pengadaan alat praktek ibadah

 

k.  Peta Sejarah

 

m.  Pembelian alat-alat olahraga


n. pembelian alat-alat seni budaya


o.Handicame

 

p. Pembelian printer

 

q.Pembelian proyektor/infokcus

 

r. Pembelian kursi plastik

 

2. Pengembangan sarana pengembangan diri

 

a.    Pengadaan Kesenian

 

b.    Perlengkapan Pramuka

 

c.    Peralatan P3K

 

d.   Peralatan Cerdas Cermat

 

e.    Pembelian alat-alat bola voli dan bola basket

 

f.     pembelian alat-alat pertanian

 

g.     


h.    

 

3. Pengembangan sarana untuk tenaga pendidik dan peserta didik

 

a. Pembuatan Pas foto kelas VII dan IX

 

b. Sampul Ijajah Kelas IX

 

c. Pemotoan kelas VII

 

d. Foto copi Ijajah / legalisir

 

e. Buku Induk Peserta didik

 

f.  Buku Legger Wali Kelas

 

g. Administrasi tenaga pendidik

 

h. Agenda Kelas

 

i . Buku Pribadi Peserta didik

 

j.  Kartu Pelajar

 

k. Buku Absensi

 

l.  Buku Klaper

 

VII. STANDAR PENGELOLAAN

 

1. Perencanaan RKS

1. Pengembangan rencana pengembangan sekolah

 

a.  Menyusun RKT tahun  2017-2018

 

b. Menyusun RAPBS tahun 2017-2018

 

c. Membuat profil sekolah

 

d. Membuat program 7 K

 

e. Membuat program pengembangan diri

 

e. Membuat program muatan lokal

2. Pelaksanaan RKS

1. Optimalisasi pelaksanaan RKAS

 

a. Mengadakan sosialisasi hasil penyusunan RKS/RKAS

 

b. Melaksanakan Penerimaan Peserta

 

Didik Baru(PPDB)

 

c.Melaksanakan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan

Sekolah)

 

d. Melaksanakan kegiatan Persami

 

e. Melaksanakan kemah pramuka


b. Melaksanakan pemilihan pengurus OSIS

 

g. Melaksanakan LDKS

 

h. Mendokumentasikan RKS/RKAS/RKT

3. Pengawasan dan

1. Optimalisasi pengawasan dan evaluasi

Evaluasi

a. Melaksanakan persiapan program-program

 

untuk akreditasi

 

b. Melaksanakan rapat sosialisasi program sekolah

 

dengan orang tua peserta didik kelas VII

 

c. Membuat laporan pelaksanaan dan hasil

 

penggunaan dana sekolah

4. Kepemimpinan

1. Pengembangan kepemimpinan sekolah yang

 

Efektif

 

a. Melaksanakan workshop Manajemen Sekolah

 

Berbasis TIK

 

1) Honor Fasilitator

 

2) Konsumsi Fasilitator

 

3) Transport Fasilitator

 

4) Honor Peserta

 

5) Honor Panitia

 

6)  Konsumsi Peserta

 

7) Hand Out Materi

 

8) Pengadaan ATK

 

9)  Pembuatan laporan

 

b. Mengikuti pelatihan ESQ di luar sekolah

5. SIM Sekolah

1. Pengembangan Jaringan informasi Akademik di

 

internal maupun Eksternal (SIM)

 

a. Pembuatan visi, misi, dalam baligho

 

b. Menyusun Data Sistem Informasi Sekolah

 

VII. STANDAR PEMBIAYAAN

 

1. Biaya Investasi

1. Pengembangan biaya ivestasi

 

a. Mengikutsertakan tenaga pendidik dalam pelatihan pendidikan

2. Biaya Operasional

1. Optimalisasi biaya operasional personal

 

a. Pembayaran Gaji Pegawai Sipil

 

b. Pembayaran Insentif

 

    1) Tenaga pendidik Tidak Tetap (GTT)

 

    2) Pegawai Tidak Tetap

 

    3) Penjaga Tidak Tetap

 

2. Optimalisasi biaya operasional non personal

 

a. Alat Tulis Sekolah (ATK)

 

b. Daya dan Jasa

 

c. Pemeliharaan dan Perbaikan Ringan

 

d. Transportasi Rapat

 

e. Konsumsi Rapat

 

f. Pembinaan Peserta didik/Ekstra Kurikuler

 

g. Belanja rumah tangga sekolah

 

h. Biaya cetak

 

i. Kegiatan rumah tangga sekolah

3. Biaya Personal

1. Optimalisasi biaya personal

 

a. Bea peserta didik miskin (BSM)

 

b. Bea peserta didik transisi

 

c. Bantuan transport peserta didik

 

d.  Bea peserta didik prestasi

4. Transparasi dan

1. Peningkatan transparansi dan akuntabilitas

Akuntabilitas

a. Pembuatan laporan triwulan

 

b. Pembuatan laporan semester

 

c. Pembuatan laporan tahunan

 

VIII. STANDAR PENILAIAN

1. Pengembangan sistem

1.  Peningkatan kemampuan tenaga pendidik dalam melakukan

penilaian oleh pendidik

kegiatan penilaian

 

a. Melaksanakan pelatihan model evaluasi

 

1) Honor Narasumber

 

2) Konsumsi Narasumber

 

3) Transport Narasumber

 

4) Honor Peserta

 

5) Pembuatan model-model evaluasi

 

6) Pengadaan ATK

 

7) Mendokumentasikan hasil penyusunan model-

 

model evaluasi

2. Pengembangan sistem

1. Pengembangan sistem penilaian sekolah sesuai

penilaian oleh sekolah

dengan SNP

 

a. Melaksanakan seleksi untuk kelas unggulan

 

b. Melaksanakan kegiatan Evaluasi

 

1) Melaksanakan Ulangan Harian

 

2) Melaksanakan Ujian Akhir Semester

 

3) Ujian sekolah

 

4) Ujian Praktek

 

c. Melaksanakan Pengayaan

 

d. Melaksanaan Remedial

1. Pengembangan sistem

1.  Peningkatan kemampuan tenaga pendidik dalam melakukan

penilaian oleh pendidik

kegiatan penilaian

3. Penilaian oleh

1. Peningkatan prestasi dalam UN

Pemerintah

a. Melaksanakan uji coba UN / Try out

 

b. Mengadakan pelajaran tambahan untuk mata