Selamat Datang di Official Web SMA AL HIKMAH MUNCAR

Kegiatan Pondok Ramadhan SMA AL Hikmah Muncar Yayasan Minhajut Thullab


 Pada bulan Ramadan sekolah khusunya SMA AL Hikmah Muncar menggelar kegiatan Pondok Ramadan. Pondok Ramadan ini diisi dengan aktivitas seperti tadarus Al-Quran, sholat berjamaah, dan kegiatan keagamaan lainnya.
 

Kegiatan pondok Ramadan ini dilaksanakan selama satu hari penuh di sekolah atau dalam waktu tertentu untuk mempelajari lebih dalam tentang agama Islam. Umumnya Pondok Ramadan ini dibagi per kelas.

Tujuan Pondok Ramadhan SMA AL Hikmah Muncar

Kegiatan yang dilakukan di bulan Ramadan ini bukan hanya untuk mengisi waktu kosong sambil menunggu waktu buka puasa. Pondok Ramadan ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadan sehingga bisa meningkatkan iman dan taqwa serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.
 
Ini sekaligus meningkatkan ibadah peserta didik pada bulan Ramadan. Hal ini karena pada kegiatan Pondok Ramadan yang dilaksanakan secara intensif banyak diisi aktivitas ibadah mulai dari sholat wajib, sholat sunnah, dan tadarus. Berikut ini tujuan pondok Ramadan:
1. Mengisi waktu luang dengan memperbanyak ibadah
2. Mengamankan pemahaman agama Islam lebih dalam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
3. Meningkatkan iman dan takwa 
 

Kegiatan Pondok Ramadan SMA AL Hikmah Muncar

Setiap sekolah memiliki macam-macam kegiatan untuk Pondok Ramadan. Kegiatan tersebut disesuaikan dengan waktu kegiatan apakah seharian atau waktu tertentu. Berikut ini kegiatan-kegiatan pondok Ramadan SMA AL Hikmah Muncar Yayasan Minhajut Thullab, Sebagai Berikut:
  • Sholat fardhu lima waktu  berjamaah
  • Sholat sunah berjamaah (Sholat Duha)
  • Tadarus Al-Quran bersama
  • Menghafal dan Mengamalkan (SKIA), seperti menghafal Doa Sholat Duha, Menghafal Tahlil/Tawasul, menghafal sholat Tahajut dan menghafal surat-surat pendek
Share this post :
 
Copyright © 2019. SMA AL HIKMAH MUNCAR - All Rights Reserved
Published by SMA AL HIKMAH MUNCAR
powered by: masfau